Eksis awal bulan, miris di akhir bulan

 

img_0591-4
Gambar : hipwee.com

Isi dompet seringkali bertolak belakang antara awal bulan dan akhir bulan, saat di awal bulan merasa memiliki segalanya sehingga timbul keinginan membeli barang baru, makan di restoran yang mahal, berlibur ke tempat yang keren, dan lain sebagainya yang jika keinginan itu dapat dikontrol dengan baik maka nasib buruk justru akan menimpa di awal bulan.

Fenomena tersebut sering terjadi di sekitar kita, teman atau mungkin bahkan kita sering merasakan perubahan nasib antara awal bulan dan akhir bulan. Ketika awal bulan kita bisa dengan enteng membeli gadget baru, baju baru, sepatu baru, tas baru, atau hanya sekedar nongkrong bareng teman di cafe yang membuat kita merogoh kocek cukup dalam. Jika kita memiliki penghasilan yang cukup tentu hal tersebut tidak jadi masalah, tapi jika kita memiliki penghasilan yang pas-pas an justru akan menimbulkan petaka buat kita. Seperti kata pepatah, jangan besar pasak daripada tiang, jangan lebih besar pengeluaran daripada penghasilan, sehingga ketika hal itu terjadi seringkali kita akan berhutang demi memenuhi kebutuhan di akhir bulan. Terkadang kita tidak dapat membedakan antara kebutuhan atau keinginan, kita sering membeli sesuatu hanya atas dasar gengsi dan nafsu semata bukan berdasarkan kebutuhan kita.

Kebiasaan seperti itu tentu saja sangat merugikan diri sendiri. Kondisi keuangan tidak akan pernah stabil, karena selalu sibuk menggali lobang dan tutup lobang sehingga tidak akan pernah bisa menabung untuk kehidupan di masa depan. Teringat sebuah pepatah yang mengatakan bahwa hidup ini sebenarnya murah,tapi gengsi itulah yang membuat hidup ini menjadi mahal.

Bijaksanalah mengatur keuangan. Jangan biarkan gengsi itu perlahan -lahan menggerogoti dirimu.

Semoga bermanfaat 😊


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.