8 Tips Hemat Ala Anak Kos

Menjalani kehidupan sebagai anak kos memang menjadi tantangan sendiri. Berbeda dengan rumah sendiri, sebagai anak kos kamu dituntut mampu mengatur segala sesuatunya secara mandiri, salah satunya adalah mengatur keuangan sendiri. Karena karena kamu akan mengalami kesulitan besar jika kita tidak dapat mengelola keuangan dengan baik sebagai anak kos. Berikut tips agar dapat menjadi anak kos yang hemat :

1. HINDARI BERFOYA-FOYA DIAWAL BULAN

liputan6
liputan6.com
Anak kos seringkali terlena diawal bulan, saat menerima uang belanja bulanan dari orangtua, seketika itu pula nafsu belanja meningkat drastis, kamu sering menghambur-hamburkan uang untuk hal yang yang sia-sia, seperti membeli baju baru, sepatu baru, nongkrong bareng kawan di cafe mahal, atau makan di restoran mewah. Padahal kamu sebenarnya tidak begitu membutuhkannya, kamu hanya menuruti nafsu saja. Lantas dampaknya pun terjadi pada hari-hari berikutnya, uang bulanan jadi habis sebelum waktunya, sehingga kamu akhirnya harus ngutang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari kita.  Jika sifat boros ini tidak dapat dihentikan maka akan megancam keuanganmu di masa depan, sebab jangankan untuk menabung, kamu justru akan sibuk untuk menambal hutang disana-sini. Akan lebih baik jika diawal bulan kamu menabung dulu, sehingga kamu tidak perlu panik jika ada keperluan mendadak diakhir bulan.

2. MENGATUR DAFTAR BELANJA BULANAN

uangteman
uangteman.com
Kamu harus mengatur daftar belanja bulananmu, sebab keuanganmu akan menjadi tidak stabil jika kamu tidak mengatur belanja bulananmu tiap bulannya. Misalnya kamu harus merencanakan pengeluaranmu untuk makan sehari-hari, untuk  transportasi, untuk sewa kos, untuk hobi, dan jangan lupa untuk menyisihkan uang bulananmu untuk hal-hal yang tidak terduga, seperti untuk perbaikan handphone yang rusak, laptop yang rusak, motor yang rusak, dll.


3. MEMASAK SENDIRI

levemina.jpg
levemina.com
Tidak dapat dipungkiri, uang bulananmu akan banyak dihabiskan untuk  biaya makan sehari-hari. Oleh karena itu, daripada kamu makan di warung makan setiap hari, mendingan kamu masak makananmu sendiri di kos, atau minimal kamu memasak sendiri nasimu di rice cooker jika kamu tidak pandai memasak, dan kamu hanya perlu membeli lauknya saja di warung makan. Meskipun cukup ribet, tapi dengan memasak makananmu sendiri kamu dapat menghemat sebagian besar uang bulananmu.


4. HINDARI LAUNDRY PAKAIAN

HEALTH.DETIK.jpg
detik.health.com .
Hindari menggunakan jasa laundry untuk  mencuci pakainmu, karena hal itu akan cukup merobek kantongmu, paling sedikit kamu akan laundry 4 kg pakaianmu dalam seminggu, bayangkan saja berapa  pengeluaranmu tiap bulannya hanya untuk laundry pakaian, lebih baik uangnya disimpan untuk keperluan mendatang yang lebih mendesak. Luangkan sedikit waktumu untuk mencuci pakaianmu sendiri, selain hemat, kamu juga akan sehat, karna aktifitas ini akan membakar kalori yang tertimbun dalam tubuhmu.

 

5. BAWA AIR MINUM SENDIRI

liput-id
liput.id
Meskipun terkesan sepele, membawa air minum sendiri bisa memangkas biaya bulananmu lho. Siapapun pasti membutuhkan air mineral setiap hari, oleh karena itu sebaiknya kamu membawa air minum sendiri, karena ketika kamu merasa haus di sela-sela aktifitas kamu tidak perlu lagi repot-repot merogoh kocek untuk membeli air minum mineral, hemat waktu dan hemat uang bukan.

 

6. CUCI MOTOR SENDIRI

seribupeluang.JPG
seribupeluang.blogspot.com
Bagi kamu yang menggunakan motor sebagai transportasi sehari-hari, motor yang kotor pasti tidak enak dipandang mata dan kamu pasti merasa tidak nyaman jika motor kamu kotor, daripada memakai jasa doorsmeer untuk mencuci motormu mendingan kamu cuci sendiri aja deh, kan lumayan uangnya buat beli nasi bungkus, hhehe.

 

7. MENDING PASANG WIFI RUMAHAN

muraldecal.jpg
muraldecal.com
Sekarang internet sudah menjadi kebutuhan sehari-hari, nah buat kamu yang hobi internetan, daripada kamu tiap hari datang ke cafe yang free wifi, mendingan kamu pasang wifi di kosanmu. Kamu jadi  lebih nyaman browsing jurnal buat tugas, download lagu , download  film, atau sekedar liat-liat video di youtube. Kamu jadi perlu lagi ke cafe sehingga kamu bisa menghemat bensinmu dan ga perlu ngeluarin duit lebih  buat mesan makanan atau minuman di cafe yang sudah pasti harganya mahal.

 

8. SIMPAN UANG RECEHMU

kintaku-collection.co.id.jpg
kintakun-collection.co.id
Simpan baik-baik uang receh kembalian dari supermarket atau minimarket, meskipun nominalnya sedikit kalo dikumpulkan terus-menerus kan hasilnya lumayan juga. Kan lumayan juga buat beli roti yang sering lewat depan kos-kosan atau minimal buat beli shampo sachetan  yang ada di warung lah… hhhehe.

 

Semoga bermanfaat…

Hidup anak kos…  ðŸ˜‚😂😂

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


4 respons untuk ‘8 Tips Hemat Ala Anak Kos’

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.