6 Tips Mencari Kos-kosan

100rumahminimaliscomanakkos
100rumahminimalis.com

Siapa yang merasa anak kos ? atau yang memiliki adik atau sanak saudara yang akan segera merasakan penderitaan menjadi anak kos ? Hhhehe

Sebentar lagi tahun ajaran baru akan menghampiri kita semua. Bocah SD yang tadinya masih ingusan akan beranjak menuju SMP, anak SMP yang berseragam putih biru akan menjadi anak SMA dengan seragam putih abu-abunya, dan yang SMA akan segera menuju pernikahan eh salah maksudnya segera menjadi mahasiswa, hhehe.

Fenomenaย  tahun ajaran baru ini cukup menarik untuk kita bahas, pasalnya akan terjadi lonjakan penduduk yang cukup besar di wilayah perkotaan, terutama pemukiman yang dekat dengan sebuah Kampus atau Universitas, area tersebut akan menjadi target utamaย  anak-anak muda yang disebut mahasiswa dan mahasiswi untuk mencari yang namanya kos-kosan, kalau mau mencari ngos-ngosan datang ke kos ku aja, banyak cucian dan baju yang belum digosok nih, ๐Ÿ˜

Mencari kos-kosan tidak bisa dianggap enteng, sebab kamar kos itu akan menjadi tempat kita bernaung selama menjadi perantauan demi menempuh pendidikan di bangku perkuliahan. Jika salah pilih, kita tidak akan merasa nyaman, pikiran akan terganggu sehingga berimbas pada kuliah yang akan terbengkalai, wisuda pun akan sulit tercapai, pekerjaan semakin lama didapat, hingga jodoh pun tak kunjung mendekat. Wah seram juga ternyata, ๐Ÿ˜

Nah berikut ini aku kasih tips untuk mencari jodoh eh salah lagi, maksudnya tips mencari kos-kosanยญ. Cekidooottt…..

  1. Harga

Harga yang tinggi tentu berbanding lurus dengan kualitas. Kamar kos dengan harga yang lebih tinggi tentu memiliki fasilitas lebih lengkap seperti, kamar yang luas dengan kamar mandi dalam, tempat tidur, kasur, AC/kipas angin, kulkas, TV, dll. Berbeda dengan kamar kos dengan tarif lebih murah, kamarnya biasanya lebih kecil, tidak ada fasilitas apa-apa, kamar mandi pun letaknya di luar kamar sehingga kita harus rela berbagi dengan penghuni kos lain.

Pilihlah kamar kos yang sesuai dengan budget mu, jika kamu tidak punya dana berlebih sebaiknya pilih kamar kos yang biasa-biasa saja, jangan paksakan dirimu untuk menuruti gengsi, kamu datang jauh-jauh itu untuk menuntut ilmu di bangku perkuliahan, bukan untuk ajang gengsi-gengsian, ๐Ÿ˜

ย 

  1. Kondisi Air

Air adalah sumber kehidupan. Sebagai makhluk hidup kita sangat membutuhkan air, kita bukan mesin yang kalau mati tinggal di charge ulang pakai tenaga listrik. Oleh sebab itu kamu harus mengamati dengan teliti kondisi air di dalam kamar kos mu, perhatikan kebersihan airnya, perhatikan kondisi keran airnya,ย  perhatikan deras atau tidaknya aliran airnya, kamu tidak ingin kan membuang-buang waktu hanya untuk menunggu bak mandi penuh karena aliran airnya yang tidak deras. Jangan sampe (maaf) air senimu lebih deras daripada air keran kamar mandimu, ๐Ÿ˜

ย 

  1. Lokasi

Perhatikan lokasi tempat kamu ngekos. Apakah lokasinya berdekatanย  dengan warung makan atau tidak, dekat dengan Minimarket atau tidak, dekat jalan raya atau tidak. Jika kamu tidak memiliki kendaraan pribadi seperti motor atau mobil, disarankan untuk memilih kos-kosan yang dekat dengan jalan raya agar kamu lebih mudah untuk mengakses transportasi umum seperti Ojek, Becak, Angkot, maupun Bus. Jika kamu memilih kos-kosan yang jauh dari jalan raya sementara kamu tidak memiliki kendaraan pribadi, maka saat berangkat kuliah kamu harus berjalan lagi ke simpang jalan raya, tentu hal itu akan memakan waktu dan tenagamu, kamu yang tadinya berangkat dari kos dalam keadaan rapi, keren dan wangi, sesampainya di kampus malah dalam keadaan berantakan dan bau keringat karena kelelahan, fokus belajar pun jadi terganggu,ย  gebetanmu jugaย  bakalan menjauh kalau penampilanmu seperti itu di kampus, ๐Ÿ˜

Baca juga :

  1. Jarak Tempuh

Kamu juga harus mempertimbangkan jarak tempuhmu dari kos ke Kampus. Jika kamu termasuk orang yang susah untuk bangun pagi, sebaiknya kamu memilih kos-kosan yang dekat dengan Kampusmu, sehingga kamu tidak akan terlambat kuliah dengan alasan jauh, macet, ban kempes, dan alasan-alasan klasik lainnya, sebab jika kamu ngekos di daerah yang dekat dekat dengan Kampus, paling telat kamu hanya membutuhkan waktu 15 menit menuju kampus, jadi kamu tidak perlu membohongi Dosenmu dengan alasan-alasan basi seperti itu, padahal kamu sendiri yang telat bangun, terutama yang begadang nonton bola. Hayooo ngaku, ๐Ÿ˜

  1. Peraturan yang berlaku

Beberapa pemilik Rumah Kos menerapkan peraturan yang ketat, seperti pembayaran uang kos harus tepat waktu, melarang anak kos mengajak lawan jenis ke dalam kamar, menutup pintu pagar kos-kosan saat jam 11 malam sehingga tidak anak kos tidak diperbolehkan keluar masuk lagi lewat jam tersebut, dan lain sebagainya Ada juga beberapa pemilik kos-kosan yang tidak memberlakukan peraturan yang ketat. Asal kamu membayar uang kos tepat pada waktunya, kamu bebas pulang jam berapapun, kamu bebas kamu mengajak siapapun, kamu bebas jungkir-balik di dalam kamarmu, mereka tidak akan peduli, yang penting uang kos selalu aman tiap bulannya, ๐Ÿ˜

Kamu bisa pilih kos-kosan yang sesuai dengan kepribadianmu. Jika kamu tergolong orang yang gaul dan sering keluar malam, sebaiknya kamu memutuskan untuk tinggal di kamar kos yang memiliki peraturan yang longgar. Tapi jika kamu memang sudah terbiasaย  disiplin, lebih baik kamu memilih ยญkos-kosan yang memiliki peraturan yang ketat.ย  Semuanya kembali ke selera masing-masing sih, ๐Ÿ˜

  1. Lingkungan

Nah yang terakhir dan tidak kalah pentingnya adalah kamu harus memperhatikan lingkungan sekitar kos-kosan mu. Bagaimana kebersihannya, bagaimana sifat warga sekitarnya, bagaimana sikap tetangga kosmu, bagaimana mereka memperlakukanmu. Kamu pasti merasa risih bukan jika lingkungan kos mu itu jorok, sering kemalingan, belum lagi tetangga kosmu yang ternyata sering mabuk-mabukan, berjudi, bahkan sampai mengkonsumsi narkoba. Jika kamu menemukan indikasi seperti itu sebaiknya kamu segera minggat dari kos-kosanmu itu, lebih baik kamu mencari kamar kos yang lain yang jauh lebih baik. Karena dikhawatirkan jika kamu tidak memiliki iman yang kuat maka kamu akan tergoda dan terjerumus ke dalam perilaku menyimpang teman-teman kosmu.

Sudah banyak kasus yang terjadi, banyak mahasiswa dan mahasiswi yang dulunya dikenal santun memiliki tabiat yang baik kampungnya, tapi sejak tinggal di kota perilakunya pun berubah 180 derajat. Kita bisa melihat ternyata kehidupan di kota dengan segala gemerlapnya telah membuat orang gelap mata dan lupa jati dirinya yang sebenarnya. Kasihan orangtua yang telah banting tulang dan memeras keringat di kampung demi biaya kuliah anaknya, tapi ternyata anaknya di kota malah salahย  pergaulan. Betapa sedihnya orangtua jika mengetahui bahwa anak kebanggaannya ternyata hanya foya-foya dan tidak fokus dengan perkuliahannya.

Ingat ya adek-adekku semua, tugas utama kalian itu belajar, belajar, dan belajar, ๐Ÿ˜‰๐Ÿ‘

kampusholiccomanakkos
kampusholic.com

Sekian dulu ya kawan-kawan semua, udah dingin pulak kopiku ini, sedingin sikapmu kepadaku, Eeaaaaaaa… ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

Monggo ditanggapi, kalo mau memberi masukan juga boleh…

Semoga bermanfaat… ^_^

ย 

ย 


12 respons untuk โ€˜6 Tips Mencari Kos-kosanโ€™

    1. Ohh makasih sarannya mas.. tadi ada kesalahan mas.. monggo di cek kembali.. ๐Ÿ˜

      Betul juga mas.. cuma kalo kadang kalo listrik udah ditetapkan ibu per bulannya.. pas kita pemakaiannya hemat bulan itu agak rugi juga sih mas.. hhehe

      Disukai oleh 1 orang

      1. Samalah kita mas.. saya malah semenjak uang listrik dan air ditetapkan sama ibu kos.. kipas angin dan tv malah sehari semalam hidup terus.. kalo sempat korslet bahaya juga mas.. ๐Ÿ˜‚

        Disukai oleh 1 orang

  1. bener tuh bang yang masalah air, dulu aku pernah ngekos di tempat yang airnya tidak begitu bersih..
    terus perihal rasa airnya juga tidak menyegarkan saat buat mandi..
    akhirnya aku mandi di perusahaan deh

    Disukai oleh 1 orang

    1. Iya mas.. saya dulu airnya bau karat, udah gitu agak kuning, jadi kalo mau nyuci baju sering numpang di kos kawan.. ๐Ÿ˜‚

      Kemaren itu karna harganya lumayan murah, saya tidak terlalu perhatikan airnya, rupanya airnya itu sumur bor, trus di sampingnya banyak sawah, wajar agak bau, mau pindah eh udah bayar setahun, terpaksa pasrah sama keadaan mas.. ๐Ÿ˜‚

      Suka

  2. Juga perlu ditanyakan dengan jelas semua peraturan di dalam kos sebelum benar-benar menyewanya. Soalnya saya pernah udah nyewa kos-kosan eh ternyata ada aturan yg memberatkan. Bodohnya saya kenapa kok nggak tanya di awal sehingga terjadi kesalahpahaman.

    Disukai oleh 1 orang

    1. Betul mas.. saya malah pernah ngekos yang tanahnya itu ternyata tanah sengketa.. makanya pas kami nyaranin supaya pake air pdam aja jangan pake air sumur bor ga pernah terealisasikan.. banyak kali alasannya.. rupanya karna tanahnya itu masih sengketa..

      Namanya juga masih anak2 baru mas.. masih polos ga tau apa2.. ๐Ÿ˜‚

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.