5 Tips Hemat di Bulan Puasa

Ramadhan telah tiba, bulan penuh rahmat dan ampunan bagi seluruh umat muslim seluruh dunia. Di bulan ini umat muslim diwajibkan melaksanakan ibadah puasa, yaitu menahan lapar dan haus selama kurang lebih 14 jam, yakni mulai terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari.

Khususnya di Indonesia yang merupakan basis umat Islam terbesar di dunia, masyarakat sering salah kaprah dan cenderung boros dalam menjalani bulan suci yang hanya muncul sekali dalam setahun ini. Ramadhan sering dijadikan momen untuk berfoya-foya dan menghambur-hamburkan uang untuk sesuatu yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Jika tidak diatasi dengan baik, budaya boros ini akan mengakibatkan ketimpangan keuangan di masa depan.

Nah agar keuanganmu selalu stabil, berikut ini adalah tips-tips agar kamu bisa hemat saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan :

1. BUAT TAKJIL SENDIR

resephariinicomtakjil
resephariini.com

Takjil sepertinya merupakan menu wajib saat berbuka puasa. Seiring dengan datangnya bulan Ramahan, para pedagang takjil pun semakin banyak bermunculan dan kita temui di pinggir jalan layaknya jamur di musim hujan. Beraneka ragam jenis takjil dapat kamu jadikan pilihan untuk melepas dahaga setelah seharian penuh berpuasa. Namun jika kamu memang memiliki waktu luang, alangkah bijaknya jika kamu membuat takjil sendiri di rumah. Selain bisa menghemat pengeluaran, kamu jadi bisa mengisi waktu yang kosong sambil menunggu azan maghrib. Lagipula pasti ada kepuasan tersendiri jika kamu berbuka puasa dengan takjil kreasi kamu sendiri.

2. TAHAN HAWA NAFSU SAAT NGABUBURIT

id.unzippedtvcomngabuburit
id.unzippedtv.com

Jalan-jalan sore sambil menunggu waktu berbuka puasa atau lebih dikenal dengan istilah “Ngabuburit” memang sering kita temui saat Ramadhan tiba. Kegiatan ini kerap dilakukan sambil mencari jajanan untuk menu buka puasa nanti. Ada banyak opsi yang bisa kamu jadikan pilihan, mulai buah kurma, aneka gorengan, minuman-minuman segar seperti es cincau, es cendol, sop buah, sampai makanan berat seperti nasi atau mie, dan masih banyak lagi yang tak sering  membuat kamu bingung menentukan pilihan.

Namun sayangnya, tidak sedikit yang menuruti hawa nafsunya sehingga meja makan pun penuh dengan beraneka ragam hidangan yang tak jarang justru banyak meninggalkan sisa dan mubazir. Kebiasaan seperti ini hendaknya dihindari, selain menguras kantong lebih dalam, makan terlalu berlebihan saat berbuka puasa dapat membahayakan kesehatanmu. Daripada kamu membuang-buang makanan, lebih baik dibagikan kepada tetangga atau fakir miskin yang lebih membutuhkan. Memberi makan orang yang berpuasa itu pahalanya sangat besar lho, hhehe

3. JANGAN TERGIUR DISKON DI MALL

fokusbisniscomdiskon
fokusbisnis.com

Tidak dapat dipungkiri bahwa seluruh Mall  kerap mengadakan diskon besar-besaran saat bulan Ramadhan. Terutama menjelang Idul Fitri tiba, masyarakat semakin berbondong-bondong mengunjungi pusat berbelanjaan untuk membeli pakaian Lebaran. Banyak yang tergiur dan terkecoh oleh diskon yang ditawarkan oleh pihak Mall. Padahal jika dicermati dengan seksama, harga pakaian menjelang Lebaran dengan hari biasa sebenarnya tidaklah jauh berbeda. Misalnya sebuah kemeja di hari biasa dibanderol dengan harga 200 ribu, sementara menjelang Lebaran kemeja tersebut diberi diskon 50% tapi dengan harga awal 400 ribu, dengan kata lain harga kemeja tersebut menjadi 200 ribu. Nah sama saja bukan, hhehe

Oleh karena itu, sebaiknya kamu berhati-hati terhadap diskon yang sering terpampang di pusat perbelanjaan. Jika memang tidak terlalu dibutuhkan, sebaiknya hentikan membeli pakaian baru saat Lebaran sehingga uangnya dapat kamu simpan atau untuk keperluan yang mendesak di kemudian hari.

4. KURANGI MENGHADIRI ACARA BUKA PUASA BERSAMA

polkaidbukabersama
polka.id

Acara Buka Puasa Bersama atau lebih kerennya disebut “Bukber” bersama sahabat, rekan kerja, atau teman kuliah sepertinya sudah menjadi tradisi yang tidak boleh dilewatkan di Bulan Ramadhan. Selain daripada itu, momen Bukber sering dijadikan ajang untuk reuni dengan teman-teman semasa sekolah dulu. Tidak ada yang salah memang dengan acara Bukber tersebut, justru merupakan hal yang positif karena kamu bisa menyambung tali silaturahim yang mulai renggang. Hal ini tentu tidak akan menjadi masalah  jika kamu memang memiliki budget yang lebih untuk itu, namun bagaimana jika ternyata budget kamu justru pas-pasan, mengingat acara bukber tersebut sering diadakan di restoran yang cukup mahal.

Mestinya kamu tidak usah memaksakan diri jika kondisi keuanganmu tidak memadai. Jika memang keinginanmu masih tetap kuat untuk menghadirinya karena rasa rindumu terhadap teman-temanmu yang sudah lama tidak berjumpa, mungkin kamu bisa memberi saran kepada teman-temanmu agar mengadakan acara Bukber tersebut di restoran yang harganya lebih terjangkau, atau kamu juga bisa membawa bekal sendiri kesana. Kamu tidak perlu gengsi untuk melakukannya. Siapa tahu kamu bisa CLBK dengan mantanmu yang dulu, hhehe

5. BERBUKA PUASA DI MESJID

newsthcombuberdimesjid

Khusus buat kamu yang sedang dalam perjalanan atau anak-anak kos yang memang sering hanya memiliki budget pas-pasan, berbuka puasa di mesjid bisa dijadikan solusi hemat saat menjalani ibadah puasa. Kebanyakan mesjid memang mengadakan buka puasa bersama gratis kepada para jamaah selama Ramadhan, bukan hanya takjil saja, pihak pengelola mesjid juga menyajikan makanan berat untuk para jamaahnya. Jadi buat anak-anak kos, sering-sering datang ke mesjid yah, hhehe

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh kemuliaan, di bulan ini seluruh amal perbuatan akan diganjar dengan pahala yang berlipat ganda dan pintu pengampunan dibuka selebar-lebarnya. Sudah sepantasnya kita lebih mendekatkan diri kepada Allah, bukan justru larut dalam hawa nafsu duniawi saja. Kita tidak tahu sampai kapan umur ini akan bertahan, apakah kita masih bisa bertemu dengan Ramadhan tahun depan, atau justru ini adalah Ramadhan terakhir bagi kita. Wallahu a’lam.

Akhir kata itu saja tips dari aku ya teman, selamat mencoba.

Semoga bermanfaat  ^_^

Baca juga : 8 Tips Hemat Ala Anak Kos

 


6 respons untuk ‘5 Tips Hemat di Bulan Puasa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.