Wonderful Indonesia, Alasan Utamaku Menjadi Travel Blogger

Indonesia, negeri indah kepingan surga, aku rasa semua orang pasti setuju dengan ungkapan tersebut. Tidak dapat dipungkiri negara kita tercinta ini memiliki pesona yang melimpah ruah, mulai dari keanekaragaman bahasa, berbagai macam etnis, suku dan budaya, dan tidak ketinggalan hamparan alamnya yang sangat luar biasa. Maka tak heran Indonesia pun tak pernah sepi oleh para wisatawan,  baik lokal maupun mancanegara. Mereka selalu datang silih berganti.

Media sosial pun memegang peranan penting untuk mengenalkan potensi-potensi wisata yang ada di Indonesia. Dengan hadirnya aplikasi seperti instagram, facebook, bahkan blog, orang-orang pun kini bisa leluasa memamerkan foto-foto liburannya melalui jejaring sosial tersebut. Sehingga penyebaran informasi seputar tempat wisata suatu daerah pun jadi semakin cepat dan mudah.

Daya pikat yang begitu mengagumkan tersebut membuatku sangat suka traveling mengelilingi destinasi-destinasi wisata yang ada di Indonesia. Sehingga lambat-laun aku pun memutuskan untuk menjadi seorang travel blogger, melalui tulisan-tulisan sederhana tentang perjalananku di blog aku ingin mengenalkan kepada orang-orang betapa indahnya mahakarya ciptaan Tuhan yang ada di Indonesia ini…. Wonderful Indonesia.

logo-wonderful-indonesia

 

1.  BERHASIL MENCAPAI  GUNUNG MERAPI TERTINGGI DI ASIA TENGGARA

Salah satu pencapaian terbesarku adalah ketika aku berhasil berada di puncak Gunung Kerinci 2015 silam. Gunung Merapi yang berada di provinsi Jambi itu memiliki ketinggian 3.085 mdpl, menjadikannya Gunung tertinggi kedua di Indonesia setelah Puncak Jayawijaya di Papua, hanya saja Jayawijaya bukan termasuk kategori Gunung Merapi, jadi predikat Gunung Merapi tertinggi  di Indonesia bahkan Asia Tenggara dipegang oleh Gunung yang berada di kawasan Taman Nasional Lerinci Seblat tersebut.

DSCN1637-01

DSCN1603-01

Ekspedisi yang sangat cadas menuju puncaknya pun memakan waktu 2 hari pendakian. Letih sudah pasti, badan pegal jangan ditanya lagi, tapi aku senang karena bisa lebih dekat dengan alam dan menghirup udara segar khas pegunungan serta memanjakan mata melihat pohon-pohon yang tumbuh rimbun di sepanjang perjalanan menuju puncak yang dinamakan Puncak Indrapura itu.

Semua pengorbanan itu pun seolah terbayar lunas saat kaki ini berada di Puncak Gunung Kerinci. Rasa lelah itu seolah sirna saat bisa menyaksikan fenomena sunrise disana, belum lagi lautan awan yang begitu menakjubkan terpampang indah di depan mata.

Allah… Terimakasih untuk kesempatan yang luar biasa ini.

IMG_4189

DSCN1624-01

 

2. MENENANGKAN DIRI DI PINGGIRAN DANAU TOBA

Danau Toba tercipta akibat letusan Gunung Merapi sekitar 69.000 – 77.000 tahun yang lalu. Danau yang kedalaman pastinya belum diketahui sampai sekarang ini terletak  di tengah Pulau Sumatera. Merupakan Danau terbesar di Indonesia dan Danau vulkanik terbesar di dunia.

Aku bersyukur tinggal di kota Medan yang jaraknya tidak begitu jauh dari Danau Toba, cukup menempuh waktu 5 jam perjalanan saja. Waktu itu rasa bosan tiba-tiba menghampiriku, ingin rasanya segera melepas diri dari rutinitas sehari-hari. Camping di kawasan Danau Toba pun menjadi pilihanku untuk sekedar menjernihkan pikiran yang sudah penat ini.

IMG_1232 (1)

Suasana malam di pinggiran Danau Toba yang ternyata cukup tenang, suara iring-iringan suara danau yang sedikit berombak menambah suasana semakin syahdu. Paginya saat keluar tenda, hawanya begitu sejuk dan mendamaikan, aroma embun begitu terasa, semua itu semakin sempurna dengan hamparan  fenomena sunrise di depan mata.

Setelah puas melihat sunrise, aku juga berkeliling di sekitar danau dan menaiki bukit kecil yang berada di sebelah utara dan selatan tendaku. Dari atas bukit aku bisa melihat betapa luasnya danau yang diapit oleh perbukitan yang berjejer tangguh di sekelilingnya.

IMG_1529

IMG_1282

IMG_1280

 

3. MELIHAT GAJAH SUMATERA DI TANGKAHAN

Indonesia juga mempunyai Tangkahan yang merupakan kawasan Ekowisata yang terletak di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Tangkahan juga merupakan Convervation Response Unit Gajah Sumatera. Tak hanya terkenal dengan Gajah Sumateranya, Desa ini juga memiliki pesona alam yang begitu luar biasa.

IMG_4466

QWRO5768

Pengunjung bisa mengelilingi hutan bahkan memandikan hewan dengan nama latin Elephas Maximus Sumatranus ini. Tapi biayanya memang cukup mahal, yaitu Rp 100.000/orang.

VTNL9229

Sebagai info tambahan, Kajian WWF Indonesia mengatakan bahwa populasi Gajah Sumatera kian memprihatinkan, daalam 25 tahun mereka kehilangan 70% habitatnya. Angka itu semakin diperparah dengan maraknya perburuan liar yang terus terjadi.

Mari kita satukan langkah untuk melestarikan satwa langka ini. Jangan sampai 20-30 tahun kemudian anak cucu kita hanya bisa melihat Gajah Sumatera dari layar televis dan lembaran buku Ensiklopedi. Aku ingin anak cucu kita  ke depan bisa melihat, menyentuh, bahkan menunggangi hewan besar ini.

 

4.  MENJELAJAH NEGERI DIATAS AWAN TAKENGON

Pesona alam yang dimiliki Indonesia seolah tidak ada habisnya. Selain Sumatera Utara, Aceh juga menawarkan keindahan alam yang begitu menakjubkan. Salah satunya adalah kota Takengon, sebuah negeri diatas awan yang berada di Kabupaten Aceh Tengah.

IMG_0913

Takengon berada di daerah pegunungan, maka tak heran jika udara disini sangat dingin, mungkin hanya Takengonlah satu-satunya daerah di Aceh yang memiliki udara yang sejuk. Ada banyak destinasi yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan di daerah yang terkenal dengan kopi gayonya tersebut. Seperti Danau laut Tawar, Puncak Pantan Terong, Bur Telege, dan masih banyak lagi. Semua objek wisata itu pun bisa dijelajahi hanya dalam satu hari saja.

IMG_0773

Pertama kali menginjakkan kaki di Takengon aku langsung merasa betah. Suasana disini sangat tenang, damai, dan cocok untuk menjernihkan pikiran. Suatu saat aku pasti kembali lagi kesini, aku rindu menyapa pagi yang syahdu sambil menyeruput secangkir kopi hangat seperti waktu itu.

IMG_0694

IMG_0844

 

5. JATUH CINTA DENGAN YOGYAKARTA

Bicara soal budaya dan sejarah Indonesia, Yogyakarta adalah pemain utamanya. Daerah istimewa ini memiliki budaya yang begitu kental di setiap sendi-sendi kehidupannya, sejarah bangsa Indonesia juga sangat melekat dengan kota yang terkenal dengan bakpianya tersebut. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya situs-situs bersejarah yang masih berdiri tegak yang tentunya menjadi magnet bagi para wisatawan untuk datang berkunjung.

IMG_6295

Beberapa waktu yang lalu aku baru saja berwisata ke kota yang saat ini dipimpin oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X tersebut. Pertama kali menginjakkan kaki di Yogyakarta aku langsung terkesima dengan atmosfer kota ini. Suasananya sangat damai dan tentram, masyarakatnya juga ramah terhadap setiap wisatawan yang datang. Aku langsung jatuh cinta dengan Yogyakarta, suatu saat aku pasti kembali lagi, masih banyak objek wisata yang belum aku kunjungi disana.

IMG_6549

IMG_6543

IMG_6270

Aku sadar perjalananku masih belum seberapa jika dibandingkan kawan-kawan travel blogger lainnya yang bukan hanya keliling Indonesia saja, bahkan ada yang sudah berkunjung ke negara-negara Eropa dan negara-negara Asia lainnya. Tapi aku selalu percaya bahwa sukses itu butuh sebuah proses, suatu saat aku pasti bisa seperti mereka.

Insha Allah 🙂


 

Yok kawan-kawan ceritakan pengalaman kalian tentang keindahan Indonesia melalui Wonderful Indonesia Blog Competition, info selengkapnya ada disini

poster-wonderful-indonesia

 


19 respons untuk ‘Wonderful Indonesia, Alasan Utamaku Menjadi Travel Blogger

  1. Kalau tempat wisata di Indonesia udah ngga perlu diragukan lagi keindahannya. Cuma kadang biaya untuk menuju ke provinsi tertentu mahal karena jarak yang jauh dari Medan. Kendala itu juga yang bikin aku susah mau jalan-jalan ke daerah lain. Kalau kota-kota besar di Jawa Alhamdulillah udah lumayan dijejaki🙂.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.