7 Objek Wisata Hits di Yogyakarta yang Bisa Kalian Kunjungi Dalam Sehari

Yogyakarta, mendengar namanya tentu yang terbayang di benak kita adalah sebuah kota yang terkenal dengan keistimewaannya. Istimewa dari segi budaya, istimewa kulinernya, istimewa keramahan penduduknya, dan yang terutama adalah istimewa objek wisatanya. Maka tak heran kota bakpia ini tak pernah sepi dikunjungi oleh para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Waktu sehari jelas tidak akan cukup untuk menjelajahi sejuta pesona yang dimiliki oleh kota yang dipimpin oleh Sri Sultan Hamengkubuwono tersebut , tapi jangan berkecil hati dulu, ada beberapa objek wisata hits yang masih bisa kalian kunjungi di Yogyakarta dalam sehari. Berikut ulasannya :


1.  TITIK NOL KILOMETER YOGYAKARTA

IMG_6548

Pagi hari yang pertama harus kamu kunjungi adalah Titik Nol Kilometer Yogyakarta. Lokasinya bertempat di pusat pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya berada di persimpangan antara Kantor Pos Besar, Bank BNI , Monumen Serangan 1 Maret, dan Gedung Agung. Usahakan datang lebih pagi agar  bisa bebas  berswafoto, karena kalau sudah agak siang, selain cuaca semakin panas pengunjung juga akan semakin ramai sehingga kalian akan kesulitan mencari momen yang kece di spot wisata yang lagi hits di Yogyakarta ini.

2.  BENTENG VREDEBURG

IMG_6520

Selanjutnya tidak jauh dari Titik Nol Kilometer Yogyakarta, cukup berjalan kaki sekitar 100 meter kalian bisa menyempatkan diri mengunjungi saksi sejarah Kesultanan Yogyakarta yang terdapat di Benteng Vredeburg. Jam buka objek wisata hetitage yang satu  ini dari pukul 07.30 WIB – 16.00 WIB dengan tiket masuk cuma Rp. 3000 saja. Benteng ini sudah ada sejak tahun 1787 dan saat ini dijadikan sebagai sebuah museum, di sejumlah ruangan di Benteng Vredeburg ini terdapat diorama-diorama mengenai sejarah Bangsa Indonesia saat melawan penjajah dahulu

 

3.  TAMAN SARI YOGYAKARTA

IMG_6709

Nah dari Benteng Vredeburg kalian bisa langsung menyambangi kawasan Taman Sari Yogyakarta, cuma butuh waktu 10 menit saja dengan menggunakan ojek online, atau jika ingin merasakan sensasi yang berbeda kalian bisa menaiki becak dayung yang tarifnya cuma Rp.10.000 saja. Untuk memasuki area yang dulunya digunakan sebagai Taman Istana Kesultanan Yogyakarta ini cukup merogoh kocek seharga Rp.8000 saja, cukup murah bukan untuk kategori objek wisata yang sarat dengan sejarah. Di dalam bangunan yang sudah ada sejak tahun 1758 ini para wisatawan dapat menjelajahi tempat-tempat peninggalan Sultan Yogyakarta terdahulu seperti kolam pemandian, tempat tidur, arena bermain, dll. Jika baru pertama kali datang ke Taman Sari ini disarankan untuk menggunakan jasa tour guide supaya kalian tidak tersesat, karena disini sangat banyak jalan bercabang dan lorong yang sering membuat para pengunjung kebingungan. Untuk menyewa jasa seorang guide kalian cukup membayar seikhlasnya, tarifnya berkisar Rp. 20.000 – Rp. 50.000. Jam operasional dari Taman Sari Yogyakarta sendiri adalah dari 09.00 WIB – 14.00 WIB.

Baca juga : Karena penasaran, Aku pun tersesat di Taman Sari Yogyakarta

 

4.  CANDI PRAMBANAN

IMG_6295

Selanjutnya kalian melanjutkan perjalanan menuju Candi Prambanan yang terletak di Kabupaten Sleman Yogyakarta. Jaraknya sekitar 18 km atau sekitar 1 jam perjalanan dari pusat kota Yogyakarta, jadi kalian bisa menggunakan transportasi online kesana. Candi Prambanan sendiri adalah candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke 9 Masehi, situs peninggalan bersejarah ini juga sering disebut sebagai Candi Roro Jonggrang karena pembangunannya berawal dari sebuah kisah cinta antara Badung Bondowoso dan Roro Jonggrang. Harga tiket masuknya juga beragam, untuk wisatawan domestik dikenakan biaya Rp 40.000 sementara untuk wisatawan mancanegara harus merogoh kocek seharga USD 18 atau sekitar Rp.250.000. Jangan lupa untuk memakai topi atau payung, sebab saat siang hari cuaca disini sangat terik.

5.  TEBING BREKSI

IMG_6393

Selain kental dengan wisata heritagenya, Yogyakarta juga memiliki sebuah destinasi wisata buatan yang semakin populer di kalangan para penggiat sosial media, terutama instagram. Setelah puas menjelajahi Candi Prambanan, jangan lupa juga untuk singgah di objek wisata Tebing Breksi yang lokasinya sekitar 30 menit dari Candi Prambanan. Akses jalan kesini lumayan menanjak, mungkin itu sebabnya jarang ada ojek online yang bersedia mengantarkan penumpang kesini, jadi para wisatawan bisa memakai jasa ojek pengkolan dengan tarif Rp. 30.000. Untuk memasuki kawasan Tebing Breksi, para pengunjung tidak dikenakan biaya masuk, cukup membayar parkir saja, untuk motor Rp. 2000, mobil Rp. 5000, minibus Rp. 15.000, sedangkan Bus dikenakan Rp. 25.000.

Dulunya Tebing Breksi adalah lokasi penambangan batuan alam, namun pada 2014 ditutup karena ternyata area ini adalah kawasan yang dilindungi. Setelah ditutup masyarakat pun mengubah Tebing Breksi menjadi sebuah objek wisata baru di Yogyakarta. Jam operasionalnya adalah dari jam 05.00 pagi sampai 18.00 sore, sebab dari spot wisata yang baru dibuka sejak 2015 ini menawarkan panorama sunrise dan sunset yang menakjubkan bagi para pengunjung.

6.  CANDI RATU BOKO

IMG_6575

Selain Candi Prambanan, Yogyakarta juga memiliki banyak situs candi yang sangat memukau, salah satunya adalah Candi Ratu Boko. Jaraknya cuma 3,5 km dari Tebing Breksi atau sekitar 10 menit perjalanan. Terletak di sebuah bukit di ketinggian 196 m diatas permukaan laut, maka tidak heran jika banyak juga para wisatawan yang menikmati momen matahari terbenam dari candi yang sudah ada sejak abad 8 masehi tersebut. Nama Ratu Boko artinya adalah Raja Bangau yang diambil dari nama Ayah dari Roro Jonggrang. Harga tiket untuk memasuki kawasan ini adalah Rp. 40.000 dan jam bukanya dari pukul 6 pagi sampai 5 sore.

 

 7. JALAN MALIOBORO

IMG_6657

Nah kalau untuk objek wisata yang satu ini tidak perlu kita ragukan lagi. Rasanya kurang pas jika liburan ke Yogyakarta tidak berjalan-jalan ke kawasan Malioboro. Kalian bisa menghabiskan malam di Maliboro dengan mencicipi aneka kuliner khas Yogyakarta, selain itu kalian juga bisa membeli oleh-oleh berupa kerajinan tangan khas kota Bakpia tersebut, namun yang tidak kalah menariknya dan yang menjadikan Malioboro begitu spesial adalah disini dikenal sebagai tempat berkumpulnya para seniman yang sering menunjukkan kebolehannya seperti bermain musik, melukis, menari, dll.

Baca juga : Pengalaman Pertamaku Naik Pesawat

Nah itulah 7 objek wisata hits di Yogyakarta yang bisa kalian kunjungi selama sehari. Meski waktunya sempit kalian masih bisa menikmati keindahan Yogyakarta bukan ?

Salam Petualang

Sampai jumpa di perjalanan 🙂


41 respons untuk ‘7 Objek Wisata Hits di Yogyakarta yang Bisa Kalian Kunjungi Dalam Sehari

      1. Waktu itu latihan mental saat kuliah plus latihan cari uang jualan kopi keliling alias ngasong. Keringat dingin jualan disana coz digodain sama mbak2 yg disana..😄😄😄

        Suka

  1. Dari ketujuh tempat itu, 2 yg belum aku pilih. Insya Allah 2019 aku akan pilih..😂😂😂😂 lho kemana arah komen ini yaah! Sorry bro, maklum kebawa2 tahun politik. Maksud aku 2 tempat yg belum aku kunjungi diantara ke 7 objek tersebut.

    Klau Jogja ga akan habisnya tuk dibahas bro, buaaanyak banget objek wisata yg keren dan bagus tuk dikunjungi. Jadi kangen Jogja jadinya aku..👆👍👌

    Suka

  2. Hai bang Harlen, semua tempat wisata ini selalu buat rindu. Aku teringat saat liburan ke Jogja pertama kali sendirian beberapa tahun lalu. Dalam sehari ada banyak tempat menarik begini yang bisa dikunjungi yah. Enakla abang mainnya uda ke Jogja. Aku suka ke benteng itu tapi sendirian saat itu jadi kurang happy.

    Suka

  3. Tinggal 45 kilo dari Jogja tapi belum semua tempat pernah disamperin. 🙈 Kadang males karena terlalu rame turisnya, karena kalo nyempetin ke Jogja ya pas hari libur.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.