6 Objek Wisata Menakjubkan di Dieng

Kalau boleh jujur, sebetulnya Dieng bukanlah tujuan pertamaku saat liburan beberapa bulan lalu. Desa yang berada di Jawa Tengah itu hanyalah tempat singgah sementara sebelum beranjak ke Yogyakarta, destinasi wisata utamaku yang sebenarnya. Sebagai seorang karyawan, aku hanya mendapatkan jatah cuti seminggu ditambah satu hari libur dengan konsekuensi pemotongan gaji. Jadi aku pun harus bisa memaksimalkan waktu 8 hari tersebut dengan sebaik-baiknya. Sehingga awalnya aku ingin menghabiskan waktu 5 hari di Yogyakarta dan sisanya aku akan mengunjungi Jakarta dan Dieng.

Tapi yang namanya perjalanan, pasti penuh dengan kejutan-kejutan yang tidak terpikirkan  sebelumnya. Ternyata pesona Dieng di luar dugaanku, serpihan surga itu rupanya ada di kawasan wisata  yang diapit oleh dua kabupaten sekaligus, yakni Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten  Banjarnegara tersebut. Aku pun akhirnya betah untuk berlama-lama demi mengunjungi 6 Objek Wisata menakjubkan yang dimiliki oleh Dieng. Keenam objek wisata yang berada di daerah penghasil kentang terbaik di Indonesia tersebut adalah :

 

1. CANDI ARJUNA

IMG_5363

Objek wisata yang satu ini selalu menjadi primadona di kalangan para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Banyak yang penasaran untuk melihat dari dekat Candi Hindu tertua yang ada di Indonesia ini. Candi Arjuna pertama kali kali ditemukan tahun 1814 oleh tentara Belanda bernama Theodore Van Elf  yang tidak sengaja melihat bagian atas candi yang terbenam dalam kubangan air. Hingga pada tahun 1854 dilakukan upaya penyelamatan oleh H.C. Cornelius yang kemudian dilanjutkan oleh tentara Belanda bernama Van Kinsbergen pada masa kolonial Hindia Belanda.

IMG_5314

Harga tiket masuk kawasan Candi Arjuna juga cukup murah, cuma Rp 15.000/ paket. Paket disini maksudnya adalah dengan tiket itu pengunjung sudah bisa memasuki kawasan Candi Arjuna dan juga Kawah Sikidang. Jadi satu tiket untuk dua destinasi wisata, yaitu Candi Arjuna dan Kawah Sikidang. Sangat ramah di kantong kan ? Ga sampe jual diri lah kelen dibuatnya.. Hhhaha

Baca juga : Menelusuri Candi Arjuna Dieng, Candi Hindu Tertua di Indonesia

2. DANAU BALAI KAMBANG

IMG_5349

Tidak jauh dari Candi Arjuna, jaraknya sekitar 100 meter saja juga terdapat sebuah danau yang menurutku cukup misterius. Objek wisata ini bernama Danau Balai Kambang, Balai artinya tempat tidur dan kambang berarti mengambang. Luasnya tidak sampai satu hektar, tapi menurut penuturan Jokowi kedalamannya belum dapat diukur sampai sekarang. Mitos setempat mengatakan, danau ini dijaga oleh dua ekor naga, dan barangsiapa yang mampu melihat Balai Kambang ( Tempat Tidur yang mengambang ) diatas danau maka seluruh keinginannya akan terkabul. Dan aku sama sekali ga melihat hal tersebut diatas danau, kalau nampak kan lumayan juga keinginanku untuk makan banyak tanpa takut gemuk bisa terkabul. 😀

Tekstur rumput di Balai Kambang ini cukup empuk, membuat aku seolah berjalan diatas Springbed, sebab di bawah rumputnya terdapat air yang langsung terhubung ke danau. Jokowi juga menuturkan bahwa dulu pernah ada tragedi mengerikan disini, pernah ada dua orang yang sedang asyik memancing di pinggir danau, singkat cerita salah satu dari mereka terpleset dan jatuh ke dalam danau dan sampai sekarang belum ditemukan. Pernah dilakukan pencarian tapi hasilnya nihil, mereka pun berkesimpulan bahwa mayat yang terjatuh itu pasti berada tepat dibawah rumput yang mengambang diatas danau, tapi berhubung arus dibawahnya sangat deras, maka tidak ada satu orang pun yang berani masuk ke dalamnya. Kira-kira om Aquaman berani ga ya masuk ke dalam ? Hhhehe

3.  KAWAH SIKIDANG

IMG_5233

Dataran tinggi Dieng memiliki banyak kawah-kawah dari bekas letusan gunung berapi. Dan yang paling diminati  adalah Kawah Sikidang karena lokasi paling mudah diakses dan cukup aman bagi para wisatawan. Hari biasa saja objek wisata ini tidak pernah sepi pengunjung, apalagi kalau sudah akhir pekan, bayangkan banyaknya orang yang memadati Kawah Sikidang untuk menyaksikan langsung fenomena lumpur panas yang meletup-letup akibat aktifitas vulkanik yang masih ada di Dieng.

IMG_5223

Uniknya, ternyata kolam kawah akan berpindah tempat atau melompat ke tempat yang baru. Perpindahan kolam kawah ini sudah terjadi sebanyak tiga kali. Mungkin hal ini yang menjadikan kawasan wisata ini dinamakan Kawah Sikidang, Kidang dalam bahasa jawa kuno artinya kijang, hewan yang memang suka melompat-lompat.

IMG_5244

IMG_5210

Selain bisa menikmati pemandangan yang terbentang begitu indah. Para wisatawan juga dapat melakukan kegiatan-kegiatan seru di Kawah Sikidang, seperti memicu adrenalin berkeliling di sekitar objek wisata tersebut dengan menyewa motor trail seharga Rp.50.000, kemudian para pengunjung juga boleh memasak telur rebus di dalam kawah, tapi ingat yang dimasukkan telur saja ya, jangan pulak kepala kelen yang kelen celupkan disana.. Hhahaha

4.  Puncak Sikunir

400651984_img_4666

Bagi para pemburu sunrise dan penggila aktifitas mendaki gunung, Puncak Sikunir bisa jadi pilihan jika sedang berlibur ke Dieng. Lokasinya berada di Desa Sembalun, jaraknya sekitar 30 menit dari Desa Dieng. Akses jalan ke Bukit Sikunir ini juga tidak sulit, jadi sangat cocok bagi para wisatawan yang ingin menikmati fenomena matahari terbit tapi tidak mau terlalu capek mendaki. Di lerengnya juga disesaki oleh warung-warung makanan dan oleh-oleh khas Dieng seperti keripik kentang, manisan buah carica, dodol carica, dll.

img_6121

Dengan bermodal Rp.10.000 dan sedikit tenaga untuk mendaki, para pengunjung akan dibuat terkesima dengan hamparan golden sunrise di Puncak Sikunir yang kabarnya merupakan salah satu sunrise terbaik yang ada di Indonesia. Sayangnya aku tidak begitu beruntung saat itu, karena waktu aku datang kesana cuaca tidak begitu cerah dan sedikit berkabut, jadi panorama golden sunrise nya kurang sempurna. Tapi rasa kecewa tersebut sedikit terobati sebab aku mendapatkan teman baru disana.

Terkadang bukan hanya foto-foto bagus saja yang menjadi tujuan sebuah perjalanan, berinteraksi dan menjalin hubungan dengan orang-orang baru juga merupakan bonus sebuah petualangan… 🙂

Baca juga : Menjemput Mentari ke Puncak Sikunir Dieng

 

5.  Batu Ratapan Angin

IMG_5174

Mendengar namanya saja mungkin membuat kita  merasakan aura kesedihan, tapi tenang saja disini wisatawan tidak akan disajikan adegan kesedihan seperti yang ada di film ratapan anak tiri. Justru para wisatawan yang datang berkunjung akan disuguhkan pemandangan gugusan bukit-bukit hijau yang memeluk erat dua buah telaga yang sangat eksotis, yakni Telaga Warna dan Telaga Pangilon. Rimbun pepohonan yang menghiasi setiap sisinya menjadikan Batu Ratapan Angin ini sebagai objek wisata yang tidak boleh kalian dilewatkan di Dieng.

Retribusinya tidak mahal kok, kalian cuma bayar Rp.10.000 saja di pos penjagaan. Akses menuju Batu Ratapan Angin juga sangat mudah, pengunjung cukup melewati jalan setapak  sejauh 100 meter saja dari loket pembayaran tiket. Para wisatawan disarankan agar datang cepat kesini kalau tidak ingin mengantri untuk mengambil foto, pasalnya objek wisata yang berada di Jawa Tengah ini tak pernah sepi peminat.

6. Telaga Warna

IMG_5427

Telaga Warna merupakan objek wisata yang selalu menjadi buruan utama para wisatawan yang datang berlibur ke Dieng. Nama Telaga Warna diberikan karena keunikan fenomena alam yang terjadi di telaga ini, konon kabarnya warna air telaga tersebut sering berubah-ubah, terkadang berwarna biru, hijau, dan aneka warna lainnya. Waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke Telaga Warna adalah pagi dan siang hari, sebab saat sore kabut tebal akan menutupi sekitar telaga sehingga pengunjung tidak bisa menikmati panorama alam yang terpampang indah disana.

IMG_5410

Ada dua tempat yang bisa wisatawan jadikan pilihan untuk melihat keindahan Telaga Warna, pertama pengunjung bisa melihat lebih dekat telaga dari loket pembayaran tiket yang ada di bawah dengan retribusi Rp.15.000, atau jika ingin melihat eksotisme telaga yang terpancar dari ketinggian kalian bisa mengunjungi Bukit Sidengkeng dengan membayar tiket Rp.10.000 saja. Kalau aku sendiri lebih tertarik menikmati eloknya telaga yang merupakan ikon Dieng tersebut dari ketinggian, selain pandangan lebih luas, aku juga lebih leluasa  karena landskapnya lebih menakjubkan jika diabadikan melalui lensa kamera.

Untuk mengunjungi keenam objek wisata tersebut para wisatwan tidak perlu pusing, kalian bisa menghubungi jelajah dieng, atau jika ingin merasakan aroma petualangan yang lebih menantang  dengan memilih jalur backpacker, kalian tidak perlu takut tersesat karena di setiap sudut Desa Dieng sudah dipasangai tiang penunjuk jalan. Warga setempat juga sangat ramah menyambut para wisatawan yang datang berkunjung.

Sebenarnya ada satu objek wisata mengagumkan lagi yang ada di Dieng, yaitu Gunung Prau. Namun berhubung waktunya tidak memungkinkan maka pendakian Gunung Prau aku jadikan PR yang harus aku selesaikan jika berkunjung lagi ke Dieng. Aku juga masih penasaran ingin menyaksikan secara langsung gelaran Dieng Culture Festival yang diadakan setiap tahunnya disana. Dieng… I’ll be back 😀

Jadi dari keenam objek wisata menakjubkan tersebut mana yang paling menarik perhatian kalian kawan ?

IMG_6200

Salam Petualang

Sampai jumpa di perjalanan 🙂


15 respons untuk ‘6 Objek Wisata Menakjubkan di Dieng’

  1. Ya ampun ternyata banyak lokasi yg bisa di liat di dieng. Kemaren iyah ke jogja ogah ogahan diajak ke dieng 😦 lumayan juga y per lokasi kisaran 10rbuan. Klo kaliurang kan rata2 2 rebuan. btw itu cerita rumput springbed yg bilang jokowi pak presiden bukan bg? Wkwk
    Telor rebusnya ga dijual bg? Hahah

    Suka

    1. Makanya kalo ada yg ngajak ikut aja iyah 😂😂

      Aku ga tau urusan politik 😂

      Telor rebusnya kita sendiri yang rebus.. telornya belik sendiri.. ato mau berendam di kawahnya juga boleh.. mana tau mau laga ilmu ya kan.. 😂

      Suka

    1. 2 hari udah bisa itu sal.. tapi kalo mau lebih puas seminggu disana.. soalnya masih banyak lagi tempat2 yg belum sempat aku eksplore.. 😂

      Whopp kayaknya ada rencana mau ke dieng ini 😂

      Suka

  2. Waaahh gila banget tempatnya 😍😍😍😍syuqaa. Apalagi kalo ada mataharinta gtu. Tempatnya menawan semuanya. Seru banget buat liburan. Sayangnya, aku crwek, dan gak boleh ke manapun 😥😥😥

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.