6 Hal Yang Harus Dimiliki Seorang Travel Blogger

Dunia pariwisata sepertinya sedang naik daun beberapa tahun terakhir ini. Hal ini dibuktikan dengan menjamurnya program-program televisi yang mengusung konsep jalan-jalan. Fenomena ini juga senada dengan film-film dalam negeri yang mulai banyak berlatar keindahan alam Indonesia yang sangat eksotis, sebut saja 5cm yang memperlihatkan kemegahan Gunung Semeru, Laskar Pelangi yang mengangkat potensi wisata Bangka Belitung, ada juga The Nekad Traveler, film yang diadaptasi dari buku karta trinity ini pun berlokasi di Labuan Bajo yang sangat menakjubkan. Maraknya film dan acara-acara bertema petualangan tersebut pun otomatis menarik minat masyarakat khususnya generasi muda untuk menjelajah kekayaan alam dan budaya yang ada di Nusantara.

Sehubungan dengan animo yang begitu tinggi, maka tak sedikit juga yang akhirnya menekuni profesi Travel Blogger sebagai jalan ninjanya eh maksudnya jalan hidupnya. Jadi sebagai seorang yang mulai terjun ke profesi ini, aku ingin memberikan tips mengenai hal – hal yang harus dimiliki seorang Travel Blogger, barangkali ada kawan-kawan yang ingin menjajal dunia yang sama denganku. Hhhehe

Berikut adalah 6 hal yang harus dimiliki seorang Travel Blogger : yaitu

KEMAMPUAN MENULIS YANG BAIK

Ini adalah kemampuan utama yang harus miliki jika ingin menjadi seorang Travel Blogger, sebuah skill yang harus ada dan tidak bisa ditoleransi. Karena sebuah konten atau artikel adalah bahan bakar seorang Travel Blogger, apa jadinya sebuah mesin jika bahan bakarnya tidak berkualitas, lambat laun mesin itu pasti akan rusak dan tidak bisa dipergunakan lagi. Gaya penulisan juga bermacam-macam, ada yang suka menulis dengan diksi yang kocak, santai, atau pun menggunakan bahasa-bahasa sastra, semuanya tergantung kenyamanan penulis itu sendiri.

Nah setelah mampu menulis dengan baik, maka hal yang harus dimiliki oleh seorang Travel Blogger adalah…

JAGO MEMOTRET

Jika tulisan adalah bahan bakarnya, maka sebuah foto adalah aksesoris tambahan agar sebuah konten jalan-jalan terlihat lebih menarik. Tidak dapat kita pungkiri bahwa kita adalah masyarakat yang suka dengan hal-hal yang lebih mengedepankan visual suatu objek, oleh karena itu dengan menambahkan foto-fotoΒ  yang bagus akan lebih menguatkan konten tersebut dan tentu saja akan memanjakan mata para pembaca. Kita pasti tidak mau kan tulisan kita yang sudah sangat rapi itu dirusak oleh hadirnya foto-foto yang salah angle, ngeblur, over exposure, dan lain sebagainya. Jangan pernah berpikir bahwa foto-foto luar biasa pasti dihasilkan dari kamera yang mahal, itu adalah pola pikir yang menurutku sangat keliru. Aku ingin mengutip kata-kata bijak dari seorang legenda fotografi Indonesia yaitu Darwis Triadi, ia mengatakan bahwa jangan berdebat soal teknik dan gear yang digunakan, sejatinya foto yang dituju adalah gambar yang bagus dan kedalaman rasa di dalamnya, cari capailah rasa dalam sebuah foto.

Seorang Cristiano Ronaldo bisa menjadi pesepakbola dunia karena ia pandai mengolah bola, bukan karena ia memakai sepatu yang mahal. Seorang Valentino Rossi mampu menjuarai Moto GP karena ia handal mengemudikan si kuda besi, bukan semata-mata karena motornya mahal.

Untuk mendapatkan bahan untuk konten di blog tentu seorang Travel Blogger harus terjun langsung ke lapangan. Sehingga agar riset tersebut berjalan lancar maka ia harus….

MUDAH BERSOSIALISASI

Seorang Travel Blogger haruslah menuliskan fakta dan info yang ada mengenai suatu objek wisata yang ia kunjungi. Dan untuk mendapatkan hal tersebut tentu kita harus mudah beradaptasi dengan masyarakat sekitar, harus mampu menyesuaikan diri dengan kehidupan mereka, dan jangan lupa untuk selalu menghargai kearifan lokal yang ada disana. Berbaurlah dengan orang-orang yang ditemui di perjalanan, perlakukan mereka layaknya seorang kawan. Dan ingat jangan pernah sekalipun mengucapkan kata-kata ataupun melakukan tindakan yang dapat menyinggung perasan masyarakat lokal yang mendiami daerah yang kita datangi. Jika seorang Travel Blogger dapat mudah beradaptasi dengan keadaan di sekitarnya, percayalah bukan hanya info akurat yang akan didapatkan, teman-teman baru dari berbagai daerah pun akan kita temukan.

Aku cerita sedikit pengalaman waktu lalu plesiran ke Yogyakarta. Saat itu aku hendak pulang setelah beberapa jam mengelilingi Candi Prambanan, ditengah jalan menuju pintu keluar aku dipanggil oleh seorang pria hitam legam dan bertubuh kurus yang ingin meminta bantuanku untuk memotret dirinya, padahal kala itu aku sedang buru-buru menuju objek wisata lainnya. Akhirnya aku pun menuruti permintaan lelaki tersebut. Singkat cerita kami pun terlibat dalam sebuah obrolan, ternyata ia berasal dari Makassar dan juga sedang melakukan Solo Traveling di Yogyakarta. Sejenak kemudian kami pun bertukar nomor HP dan ia pun dengan senang hati menyambut kedatanganku ke kota Makassar, begitu juga aku yang juga siap menyambut kehadirannya di Medan.

Coba bayangkan jika saat itu aku mengacuhkan panggilannya, mungkin aku tidak akan menemukan kawan baru yang berasal dari Makassar. Pasti sangat menyenangkan bukan jika kita memiliki jaringan pertemanan dimana-mana. Banyak kawan banyak rezeki πŸ˜€

Selain mempunyai kemampuan menulis, memotret, dan beradaptasi yang bagus, seorang Travel Blogger juga dituntut harus memiliki….

MENTAL YANG KUAT

Mental yang kuat jelas yang dibutuhkan jika ingin menggeluti profesi Travel Blogger. Kita harus rela kepanasan, kehujanan, kelelahan, bahkan kedinginan, semuanya dilakukan demi konten berkualitas yang dapat memberikan informasi bagi para pembaca. Terkadang para kuli tinta ini harus ikhlas jika dihadapkan pada hal-hal yang tak terduga seperti hujan, kabut, atau bahkan mungkin kehilangan barang-barang berharga. Jika sudah memutuskan untuk menjadi Travel Blogger, maka harus siap mengenal dunia yang baru, harus siap bertemu orang-orang baru, harus siap menerima segala resikonya, dan juga harus siap menghadapi segala kejadian-kejadian yang mungkin di luar perencanaan sebelumnya.

Saat melakukan sebuah perjalanan, tentu kita harus melakukan interaksi dengan orang-orang sekitar. Maka dari itu, seorang Travel Blogger juga harus….

MAHIR BERBAHASA ASING

Untuk berinteraksi dengan warga lokal tentu kita harus berkomunikasi dengan bahasa yang mereka pahami. Contohnya jika ingin menanyakan suatu alamat atau menanyakan harga sebuah produk yang akan dibeli, pasti akan sangat rumit jika tidak saling mengerti ucapan satu dengan yang lain. Ya minimal seorang Travel Blogger harus menguasai Bahasa Inggris lah, sebab saat ini bahasa tersebut masihΒ  menjadi bahasa internasional.

Aku sendiri sebenarnya juga belum terlalu mahir berbicara bahasa inggris, makanya saat ini aku masih terus mengasah diri agar lebih lancar menggunakan bahasa inggris. Tapi kalau kawan-kawan cuma mau mengelilingi Indonesia saja sih tidak masalah, kalau aku sendiri ingin menjelajahi negara-negara di Eropa dan benua-benua lainnya… πŸ˜€

Nah semua kemampuan diatas pun akan terasa sia-sia jika seorang Travel Blogger tidak memiliki…

UANG YANG CUKUP

Mungkin inilah yang menjadi kendala utama kita untuk jalan-jalan. Hal –hal yang menyangkut transportasi, makan, sampai penginapan tentuΒ  memakan biaya yang sedikit sehingga agenda untuk plesiran ke luar kota atau pun luar negeri pun menjadi terhambat.

Kita mungkin sering merasa iri melihat betapa bahagianya para Travel Blogger yang kerap melancong kesana-kesini dengan biaya dari sponsor. Namun sayangnya terkadang tidak peduli dengan pengorbanan dan perjuangan yang telah mereka lakukan untuk sampai ke tahap seperti itu. Kita tidak tahu jumlah uang yang sudah mereka gelontorkan untuk memuaskan hasrat berkelananya, mungkin jutaan, puluhan, atau bahkan ratusan juta. Kita juga tidak tahu sudah berapa malam mereka begadang demi menulis konten perjalanan di blog pribadinya.

Jadi jika memang ingin serius menjadi Travel Blogger milikilah keenam hal yang disebutkan diatas. Tetaplah konsisten dalam menulis konten, jika memang belum memiliki dana untuk jalan-jalan jauh, cobalah untuk menjelajahi objek-objek wisata terdekat yang lebih ramah di kantong. Percayalah setaip jengkal perjuangan itu tidak akan berakhir sia-sia.

Jadi cemana kawan-kawan ? masih berminat jadi Travel Blogger ? Hhehehe

IMG_4819

Salam petualang

Sampai jumpa di perjalanan πŸ™‚


36 respons untuk β€˜6 Hal Yang Harus Dimiliki Seorang Travel Blogger’

  1. satu hal yang aku salutnya sama travel blogger
    yaitu setiap foto dan video yang diambil selalu keren-keren…
    entah kenapa ngiri gitu… bisa ngambil foto sebagus itu,
    padahal cuma jepretan doank, namun bisa menceritakan sejuta kisah dibaliknya.

    panutanku… πŸ˜€

    Suka

  2. “Seorang Cristiano Ronaldo bisa menjadi pesepakbola dunia karena ia pandai mengolah bola, bukan karena ia memakai sepatu yang mahal.”

    Masalahnya, biasanya seorang pemula niru idolanya itu bukan dari karya mereka. Melainkan aksesoris yang mereka pakai.

    Akhirnya, lupa esensinya.

    Gear mahal dengan fitur lengkap yang dipakai oleh idolanya itu berfungsi maksimal karena yang make seorang Ronaldo, betul nggak mas?

    Suka

    1. Nah itu dia mas.. skill yang mumpuni dipadu dengan gear yang berkelas hasilnya pasti luar biasa..

      Hanya saja banyak yang mengabaikan bahwa yang utama itu skill.. bukan gear.. skill dulu yang diasah.. nah baru deh dilengkapi dengan penunjang2 lainnya.. 😁

      Makasih atas kunjungannya mas.. 😁

      Suka

  3. Nainiii, uang penting banget buat modal jalan-jalan.. Tapi bener, mas, meski budget tipis, bisa ke tempat wisata yang dekat dulu untuk ditulis.. Konsisten juga penting, ya, biar blog tetap hidup dan dikenal pembaca.. πŸ™‚

    Suka

  4. halo mas salam kenal
    aku suka sekali paparanmu
    memang harus punya mental kuat
    tak sekedar bertahan di tempat rantauan tapi juga nyinyiran orang, ini kerjaan apa sih? hehehe

    Suka

    1. Hhhaha.. makasih pujiannya mas.. biasanya sih yang suka nyinyir itu karna emang ga punya kegiatan yang lebih produktif.. 😁

      Makasih kunjungannya mas.. salam kenal dari medan.. 😁

      Suka

    1. Nah iya ini juga betul mas.. cuma menurutku kalo mental udah kuat.. fisik biasanya ngikut sih mas.. hheheh

      Makasih kunjungannya mas..
      Salam kenal dari medan.. 😁

      Suka

  5. Mahir memotret, ini yang bikin aku sulit jadi travel blogger, haha. Selain ga punya kamera yang mumpuni, cara membidik juga masih amatir. Kalau jadi travel blogger sebenarnya jadi berpotensi bisa banyak bahasa asing ya Bang. Mantab kalau diteruskan!

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.